Wednesday, October 27, 2010

The Digital Divide (Kesenjangan Digital)

Kesenjangan digital adalah kesenjangan antara masyarakat dengan akses yang efektif ke dan informasi teknologi digital dan mereka dengan sangat terbatas atau tidak ada akses sama sekali. Ini mencakup ketidakseimbangan baik akses fisik ke teknologi dan sumber daya dan keterampilan yang diperlukan untuk secara efektif berpartisipasi sebagai warga digital. 
Lebih luas, yaitu kesenjangan digital global menggambarkan kesenjangan Infotech antara daerah yang berbeda di dunia dalam kaitannya dengan tingkat umum dan teknologi pembangunan sosial. Salah satu aliran pemikiran menyatakan bahwa, sebagai internet menjadi semakin lebih canggih, kesenjangan digital sedang berkembang, bahwa mereka untuk siapa itu setidaknya tersedia sedang tertinggal. Negara-negara dengan ketersediaan luas akses internet dapat memajukan ekonomi negara itu pada skala lokal dan global. Dalam perdagangan masyarakat Barat, dan interaksi sosial secara umum, hampir seluruhnya internet tergantung lebih kecil atau lebih besar.


salah satu cara mengatasi dari kesenjangan sosial adalah setiap pemerintah di negara berkembang seharusnya menyediakan akses internet yang muruh namun tidak ‘tipis’ secara guna. Agar seluruh masyarakat dapat merasakan dampak positif internet secara mendunia.

sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Digital_divide

No comments:

Post a Comment