Thursday, April 14, 2011

Media Penyimpanan

Media Penyimpanan DASD (Hard Disk)



Penyimpanan data dilakukan secara magnetis di permukaan disk (ada dua permukaan setiap disk) oleh read/ write head. Setiap permukaan disk secara logically dibagi atas ratusan track dalam silinder.

Penyimpanan data di dalam media penyimpanan menggunakan teknik pengalamatan (addressing). Di hard disk ada 2 teknik pengalamatan, yaitu (1) Cylinder Method/ CM, dan (2) Sector Method/ SM.

Pada teknik CM, pengalamatan dilakukan berdasarkan nomor silinder, nomor permukaan, dan nomor record. Untuk teknik SM, pengalamatan dilakukan berdasarkan nomor sektor, nomor track, dan nomor permukaan. Waktu akses pada hard disk dihitung berdasarkan :

a.    Seek time (waktu cari) : Waktu yang digunakan tangkai arm (yang menggerakkan read-write head) ke posisi silinder yang tepat.
b.    Head switching (penempatan posisi head) ke track dan permukaan disk yang tepat.
c.    Rotational delay (penangguhan pemutaran), berputarnya piringan disk agar data yang diperlukan berada di bawah (dibaca) headnya.
d.    Data transfer, waktu yang dibutuhkan untuk mentransfer data dari disk ke memori utama dan sebaliknya melalu read-write head.

 
Media Penyimpanan SASD (Tape/ kaset)



Dulu, orang menggunakan kaset biasanya digunakan untuk menyimpan data cadangan (back up), karena harganya relatif lebih murah dan memuat lebih banyak data yang dapat disimpan dari pada DASD, tapi kini sudah amat jarang orang yang menggunakan media ini.

Ada kaset yang terdiri atas 7 track, dan ada pula yang 9 track, dsb.,  Dalam setiap block ada 2 buah celah pemisah (gap), yaitu : (1) inter record gap (IRG), dan (2) inter block gap (IBG). Sewaktu menlis data, di akhir block selalu diberi gap yang panjangnya sekitar 0,6 inch, dan sewaktu membaca selalu dimulai dari karakter petama setelah gap sampai ditemukan gap berikutnya. Lamanya waktu head melewati gap tersebut disebut dengan speed-up time.

Jadi, antara 1 record dengan record lainnya ada batas, antara 1 block dengan block lain, ada batas, dan di akhir file ada batas lagi yang disebut dengan tape mark. Jika satu block terdiri dari 4 record, maka disebut blocking factor = 4.

No comments:

Post a Comment