Wednesday, October 31, 2012

e-Business



e-Business atau Electronic business dapat didefinisikan sebagai aktivitas yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan proses pertukaran barang dan/atau jasa dengan memanfaatkan internet sebagai medium komunikasi dan transaksi,dan salah satu aplikasi teknologi internet yang merambah dunia bisnis internal, melingkupi sistem, pendidikan pelanggan, pengembangan produk, dan pengembangan usaha. Secara luas sebagai proses bisnis yang bergantung pada sebuah sistem terotomasi. Pada masa sekarang, hal ini dilakukan sebagian besar melalui teknologi berbasis web memanfaatkan jasa internet. Terminologi ini pertama kali dikemukakan oleh Lou Gerstner, CEO dari IBM.

Marketspace adalah arena di internet, tempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli secara bebas seperti layaknya di dunia nyata (marketplace). Mekanisme yang terjadi di marketspace pada hakekatnya merupakan adopsi dari konsep “pasar bebas” dan “pasar terbuka”, dalam arti kata siapa saja terbuka untuk masuk ke arena tersebut dan bebas melakukan berbagai inisiatif bisnis yang mengarah pada transaksi pertukaran barang atau jasa.

Seluruh perusahaan, tanpa perduli ukuran dan jenisnya, dapat menerapkan konsep e-Business, karena dalam proses penciptaan produk maupun jasanya, setiap perusahaan pasti membutuhkan sumber daya informasi. Salah satu perusahaan yang menggunakan konsep e-Business adalah batavia air.

Bedah website batavia air


Di website ini terdapat 8 menu yaitu Beranda, Penerbangan & Tarif, Profil, BMC, Bantuan, Hubungi Kami, Agen Travel, dan Login.


1. Beranda
Menu beranda berisi iklan-iklan mengenai promo maupun fasilitas yang diberikan oleh perusahaan batavia air.

2. Penerbangan & Tarif
Pada menu ini pengunjung web dapat memilih penerbangan tertentu. Misalnya pengunjung web memilih kota berangkat jakarta dan kota tujuan denpasar, maka akan ditampilkan beberapa tarif yang ditawarkan oleh batavia air.

3. Profil
Menu ini berisi profil perusahaan batavia air yaitu latar belakang perusahaan, arti dari semboyan perusahaan dan visi misi perusahaan.

4. BMC
Jika memilih menu ini, pengunjung web akan diarahkan ke http://reward.batavia-air.com/ . BMC merupakan singkatan dari Batavia-Air Member Card. Program Batavia-Air Member Card yang diselenggarakan oleh Batavia-Air merupakan salah satu apresiasi Batavia Air sebagai perusahaan jasa di bidang penerbangan terhadap pelanggan setia Batavia-Air, yang mana program tersebut merupakan suatu kesempatan untuk mengakumulasi point reward dan untuk kemudian ditukarkan dengan award tiket.

5. Bantuan
Menu ini memiliki 4 sub menu yaitu FAQ, Metode Pembayaran KlikBCA, Metode Pembayaran ATM dan Syarat & Ketentuan Tiket.

6. Hubungi Kami
Pada menu ini terdapat call center dari perusahaan ini. Di menu ini, pengunjung dapat mengirim email langsung ke perusahaan.

7. Agen Travel
Menu ini terdapat 2 sub menu yaitu Daftar dan Klik Transfer Module. Sub menu Daftar berisi form untuk pengunjung web ini yang tertarik untuk menjadi agen batavia air. Sedangkan sub menu Klik Transfer Module berisi informasi fasilitas terbaru yang bernama Klik Transfer Module untuk mitra agen penjualan.

8. Login
Menu login, dengan login pengunjung akan memiliki fasilitas yang berbeda dari website ini berdasarkan user id masing-masing. Hal ini juga akan mempermudah proses booking, karena tidak perlu mengisi login lagi. Semua data - data yang pernah pengunjung isi, telah tersimpan dalam database perusahaan, sehingga pada saat pengunjung akan melakukan booking kembali pada kesempatan lain, pengunjung tidak perlu mengisi informasi mengenai diri kembali.

Referensi :







No comments:

Post a Comment