Wednesday, January 2, 2013

TOOLS PENDUKUNG FORENSIK IT PART 1


IT Forensik merupakan Ilmu yang berhubungan dengan pengumpulan fakta dan bukti pelanggaran keamanan sistem informasi serta validasinya menurut metode yang digunakan (misalnya metode sebab-akibat), di mana IT Forensik bertujuan untuk mendapatkan fakta-fakta objektif dari sistem informasi.
Fakta-fakta tersebut setelah di verifikasi akan menjadi bukti-bukti yang akan di gunakan dalam proses hukum, selain itu juga memerlukan keahlian dibidang IT (termasuk diantaranya hacking) dan alat bantu (tools) baik hardware maupun software.
Contoh barang bukti dalam bentuk elektronik atau data seperti :
  • ·         Komputer
  • ·         Hardisk
  • ·         MMC
  • ·         CD
  • ·         Flashdisk
  • ·         Camera Digital
  • ·         Simcard/hp

Data atau barang bukti tersebut diatas diolah dan dianalisis menggunakan software dan alat khusus untuk dimulainya IT Forensik, Hasil dari IT Forensik adalah sebuah Chart data Analisis komunikasi data target.
Dalam melakukan proses forensik pada sistem komputer maka dapat digunakan sejumlah tools yang akan membantu investigator dalam melakukan pekerjaan forensiknya,Tools yang biasa digunakan untuk kepentingan komputer forensik, secara garis besar dibedakan secara hardware dan software. Hardware tools forensik memiliki kemampuan yang beragam mulai dari yang sederhana dengan komponen singlepurpose seperti write blocker sampai sistem komputer lengkap dengan kemampuan server seperti F.R.E.D (Forensic Recovery of Evidence Device). Sementara software tools forensik dapat dikelompokkan kedalam dua kelompok yaitu aplikasi berbasis command line dan aplikasi berbasis GUI.
Di bawah ini adalah sebagian daftar tools forensik software berdasarkan kategori-kategorinya.
  •  Forensic Software tools for Windows
  • Image and Document Readers 
  • Data Recovery/Investigation.
  • Password Cracking
  • Network Investigation
  • Phone Investigation
  • PDA Investigation
  • Forensic LAB Tools
  • Tool forensik cyber  
·                Forensic Software Tools for Windows
Software
Deskripsi
dd for Windows
dd Adalah sebuah software UNIX yang dapat digunakan dalam windows yang bertujuan untuk mencopy dan mengkonversi file.selain itu dd juga dapat mengkonversi ke dan dari kode teks ASCII dan EBCDIC
Encase 4
Forensik toolkit lengkap yang mencakup banyak pekerjaan yang I & TM Forensik melaksanakan
FTK
FTK akan menscan hard drive untuk mencari berbagai informasi, misalnya menemukan email yang dihapus dan scan disk untuk string teks untuk menggunakannya sebagai kamus sandi untuk memecahkan enkripsi.
Toolkit ini juga mencakup pencitraan program disk mandiri yang disebut FTK Imager. FTK Imager adalah alat sederhana namun ringkas. Ini akan menghemat gambar dari hard disk dalam satu file atau segmen yang mungkin di kemudian hari direkonstruksi. 
ISOBuster
IsoBuster adalah image CD / DVD dan (Disk) File pemulihan data alat yang dapat membaca dan ekstrak file, dan sesi lagu dari CD-i, VCD, SVCD, CD-ROM, CD-ROM XA, DVD, DVCD dan lain-lain. Hal ini juga mendukung format file gambar berikut: *. DAO (Duplicator), *. TAO (duplikator), *. ISO (Nero, BlindRead, Pencipta), *. BIN (CDRWin), *. IMG (CloneCD), *. CIF (Pencipta), *. FCD (terkompresi), *. NRG (Nero), *. GCD (Prassi), *. P01 (Toast), *. C2D (WinOnCD), *. CUE (CDRWin), *. CIF (DiscJuggler), *. CD (CD-i OptImage) dan *. GI (Prassi PrimoDVD). Program ini menggunakan beberapa mekanisme untuk membantu Anda dalam mendapatkan data, bahkan jika Windows tidak mampu melakukannya. Fitur tambahan termasuk mpg (*. dat) Ekstraksi, dukungan untuk properti sistem file, dukungan CDText dan banyak lagi. Sebagian besar fitur yang tersedia bebas, namun beberapa fitur canggih seperti dukungan UDF hanya tersedia dalam versi terdaftar. Anda dapat memilih pada waktu menginstal, versi yang mana untuk digunakan.
SafeBack
SafeBack digunakan untuk membuat citra cermin(bit-stream) file backup dari hard disk atau untuk membuat salinan mirror-image dari disk drive atau partisi .


TOOLS PENDUKUNG FORENSIK IT PART 2
TOOLS PENDUKUNG FORENSIK IT PART 3
TOOLS PENDUKUNG FORENSIK IT PART 4

No comments:

Post a Comment