Saturday, January 5, 2013

Bedah Website Erafone

Kali ini saya akan membahas salah-satu website yang mengusung marketing mix 4P yaitu website erafone.com . Sebelum membahas webnya, akan muncul pertanyaan "apa sih marketing mix 4P?".

Marketing Mix 4P terdiri dari :


-Promotion
Promosi pada dasarnya adalah bentuk komunikasi pemasaran. “Promosi meliputi semua kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan produknya kepada pasar sasaran”. Sebagaimana dikutip dari Fandy Tjiptono (1997:219), komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebabkan informasi, mempengaruhi, membujuk dan atau meningkatkan pasar sasaran atau perusahaan dan produknya yang ada di pasar agar konsumen atau pelanggan bersedia menerima, membeli dan loyal kepada produk yang ditawarkan.

-Product 
Produk merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan di pasar untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Produk terdiri atas barang, jasa, pengalaman, events, orang, tempat, kepemilikan, organisasi, informasi dan ide.

-Place
Tempat/Lokasi sering pula disebut sebagai saluran distribusi yaitu suatu perangkat organisasi yang saling tergantung dalam penyedia suatu produk atau jasa untuk digunakan atau dikonsumsi oleh konsumen atau pengguna bisnis. “Tempat termasuk berbagai aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk membuat produk dapat diperoleh dan tersedia bagi pelanggan sasaran”.

-Price
Jumlah uang yang harus dibayar oleh pelanggan untuk mendapatkan produk (nilai suatu barang yang dinyatakan dengan uang menurut buchari alma (2004:169)) Keputusan-keputusan mengenai harga mencakup tingkat harga, potongan harga, keringanan, periode pemasaran, dan rencana iklan yang dibuat oleh produsen.

Erafone

Erafone adalah online store yang menyediakan solusi kebutuhan komunikasi masyarakat dalam bentuk penjualan ponsel. Sebelum mengembangkan penjualannya melalui internet, erafone dikenal sebagai salah satu jaringan toko ritel handphone yang ada di Indonesia. Perusahaan yang didirikan pada bulan Agustus tahun 2002 ini pada awalnya khusus mendistribusikan produk-produk Nokia beserta aksesorisnya. Namun Erafone terus berkembang dengan pesat sehingga  pada sampai akhir tahun 2005, erafone telah secara resmi menjadi distributor untuk merk Sony Ericsson dan Samsung. Hingga saat ini, mereka telah memiliki lebih dari 200 gerai ritel Erafone Shop dengan 18 kantor cabang di wilayah-wilayah strategis seperti Jabodetabek dan kota-kota besar Indonesia lainnya.

Product dan Price
Pada erafone.com, setiap kali anda ingin mencari produk maka dibawah produk itu akan ada harganya.


Place
erafone.com memiliki lebih dari 200 gerai ritel Erafone Shop


Promotion
Website erafone.com, menggunakan media social untuk melakukan promosi. Media social yang digunakan adalah facebook & twitter.

gambar fanspage facebook erafone

gambar akun twitter






No comments:

Post a Comment